Sejarah Dan Fungsi HTML

Semua Ada, Sejarah Dan Fungsi HTML- Dalam dunia web kita kerap mendengar kata HTML, apa itu HTML? HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language [bahasa inggris] yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, dengan HTML kita bisa memasukkan kalimat, gambar dan media lain sehingga menghasilkan tampilan yang dapat dilihat pada web browser, HTML membutuhkan penyimpanan (server) agar dapat diakses oleh web browser.

Misalnya jika anda ingin membuat sebuah web html online anda harus mempunyai hosting dan domain agar web html tersebut bisa online (diakses banyak orang). Jika anda membuat halaman web html pada komputer anda perlu penyimpanan seperti harddisk untuk menyimpan file-file html anda. Jadi HTML lah yang mengatur kata-kata, gambar, dll sehingga membuntuk suatu tampilan yang dinamis pada web browser.


Sejarah HTML


HTML hingga saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa.

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.
Download Aplikasi Penjualan Dengan PHP
Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

HTML adalah bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga; HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.


Fungsi HTML


Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal maka perlu menambahkan kode <b> pada awal kata dan menbahkan </b> pada akhir kata. Kata yang akan memuat fungsi harus diletakkan di antara kode tag tersebut.

Itulah pengertian, sejarah dan fungsi html secara singkat, untuk cara penggunaan, dan fungsi html yang lebih lengkap pasti akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Labels: ,